Apa Itu Sistem Operasi Windows Phone 7.5 Mango

Windows phone 7.5 atau sering disebut Mango adalah update sistem operasi buatan Microsoft yang ditujukan untuk smartphone. Saat ini pamor os Windows phone 7.5 belum terlalu terdengar dibandingkan dengan Android, iOS, ataupun Blackberry. Namun semakin banyak vendor smartphone yang menggunakan platform microsoft ini seperti Nokia (Lumia 710, Lumia 800), HTC dengan HTC Radar dan masih banyak lagi.

Microsoft terus melakukan berbagai pembenahan dan penyempurnaan platform windows phone mango ini disamping persiapan juga untuk meluncurkan os windows 8 untuk tablet pc dan komputer desktop (atau mungkin bahkan bisa untuk smartphone) tahun depan.

Untuk bersaing dengan platform Android, iOS, dan Blackberry yang sudah lebih dulu dikenal orang Windows phone 7.5 Mango memperkenalkan beberapa Fitur menarik.

mangoBerikut ini beberapa Fitur Windows Phone 7.5 Mango :

  • Fitur Mango Facebook Chatting
    Selain fitur Windows Live Messenger (WLM) sebuah fasilitas chat bawaan Windows Phone mango, ditambahkan juga fitur Facebook Chat yang terintegrasi dengan fasilitas pesan sehingga pengguna dengan mudah dapat chatting dengan teman-teman Facebooknya.
  • Fitur Mango Multitasking
    Fitur ini sudah menjadi standard bagi sistem operasi dipasaran dimana dengan Multitasking pengguna dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Pengguna bisa membuka foto, membaca sambil mendengarkan musik.
  • Fitur Mango Skydrive
    Fitur ini adalah sebuah fasilitas storage (tempat penyimpanan) GRATIS sebesar 25 GB di Awan “Cloud”. Pengguna dapat menyimpan berbagai file seperti dokumen, video, foto dan bisa juga men-share ke orang lain. Skydrive bisa diakses dimana saya selama pengguna terhubung dengan komputer / tablet pc / smartphone dan internet.
  • Fitur Mango Send Text With Voice
    Pengguna dapat dengan mudah mencari pesan dan melakukan pencarian di internet hanya dengan perintah suara. Fitur ini memanfaatkan aplikasi speech to text.

windows-phone1

  • Fitur Mango My Phone
    Fitur ini membuat pengguna bisa mencari posisi ponsel, menguncinya, menghapus data, atau mengirimkan alert ke handset. Semua dilakukan dari internet dengan masuk ke WindwosPhone.com. Fasilitas ini ada juga di Os yang lain seperti Blackberry Protect dan Fine My iPhone.
  • Fitur Mango Linked Inboxes
    Fitur untuk mengatur email pengguna. Jadi email bisa diseleksi dan dipisah berkelompok tersendiri sehingga memiliki INBOX tersendiri.
  • Fitur Mango App Connect
    Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk melakukan pencarian informasi di internet dan hasilnya tidak hanya info dari internet juga aplikasi yang berhubungan dengan yang dicari. Contoh pengguna cari judul film maka akan ditampilkan hasil dari internet dan aplikasi tentang film. Ada link yang tersedia sehingga pengguna hanya perlu klik dan akan dibawa ke MarketPlace untuk di download.
  • Fitur Mango Local Scout
    Fitur ini terintegrasi dengan peta (bing maps) lokal sehingga pengguna dapat mencari lokasi seperti restoran atau mal terdekat.

windows phone2

  • Fitur Mango Share Online
    Fitur yang disediakan supaya pengguna dapat terus terhubung dengan sosial media seperti Facebook, Windows Live, Twitter, Linkedln dalam satu jendela.
  • Fitur Mango History View
    Pengguna dapat melihat kembali aktifitas yang pernah dilakukan dengan seseorang yang ada dalam kontak (ContactPhone) seperti sms, email bahkan bisa membuat komentar di wall status facebook nama orang tersebut.
  • Fitur Mango Battery Saver
    Fitur ini penting karena smartphone sekarang lebih banyak menguras daya. Dalam kondisi baterai lemah fitur ini akan mengatur aplikasi apa saja yang harus dipertahankan dan mana yang tidak.
Apa Itu Sistem Operasi Windows Phone 7.5 Mango | Rikho Jansen | 4.5