Sebagai ponsel kaya fitur, Samsung Galaxy S4 akan menimbulkan kendala tersendiri bagi pengguna awam. Galaxy S4 yang dijalankan dengan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean ini merupakan ponsel yang terkenal mampu dikustomisasi dengan berbagai cara. Namun, meski perusahaan bermaksud mempermudah penggunaan ponsel pintar ini, tidak semua orang terbiasa mengoperasikan fitur-fitur canggih dari sebuah smartphone sehingga tidak jarang ponsel ini akhirnya digunakan hanya layaknya ponsel biasa untuk mengirim pesan dan bertelepon saja.

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat dicoba untuk meningkatkan pengalaman menggunakan Samsung Galaxy S4 :

Tips Setup Samsung Galaxy S4

Berpindah dari iPhone atau BlackBerry

Bagi pengguna yang sebelumnya menggunakan Apple iPhone atau ponsel BlackBerry, kini Samsung menyediakan aplikasi Smart Switch PC untuk memudahkan memindahkan daftar kontak, pesan teks, wallpaper, log panggilan atau data apapun dari backup iTunes untuk iPhone atau backup BlackBerry Desktop untuk ponsel BlackBerry. Dengan memindahkan berbagai data, maka Anda akan merasa bak menggunakan ponsel yang lama. Aplikasi ini dapat ditemukan di samsung.com/us/smart-switch.

Samsung Galaxy S4

Gunakan Easy Mode pada Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy S4 sangat kaya pengaturan dan pilihan. Untuk mempermudahnya, Anda dapat mencoba menggunakan Easy Mode dengan cara menuju Settings > My Device > Home Screen Mode > Easy Mode. Dengan menggunakan Easy Mode, Anda akan memperoleh tampilan layar awal yang sangat sederhana.

Pantau penggunaan data di Samsung Galaxy S4

Bagi Anda yang berlangganan data secara terbatas, maka Anda dapat memantau penggunaan data di Galaxy S4 agar biaya bulanan Anda tidak membengkak. Pergilah ke Settings > Connections > Data Usage. Anda dapat mengatur limit bulanan dan handset Anda akan memberi peringatan ketika hampir mencapai limit tersebut. Saat Anda telah mencapai limit, data seluler Anda akan mematikan layanan data untuk mencegah kelebihan. Untuk menghemat penggunaan data, Anda dapat mengunduh aplikasi Onavo Extend di Google Play yang akan mengkompres data yang digunakan.

Tips Audio Samsung Galaxy S4

Ubah suara panggilan telepon dan musik di Samsung Galaxy S4

Fitur favorit di Galaxy S3 kembali dihadirkan di S4 yakni kemampuan untuk menyetel suara panggilan dan musik sesuai selera Anda. Masing-masing orang memiliki selera tersendiri dalam pengaturan bass dan treble. Untuk mengatur audio, Anda dapat menekan tombol panggilan, kemudian tekan Menu dan pilih Settings. Gulirkan ke bawah untuk personalisasi suara panggilan dan pilih Adapt Sound. Pasang headphone dan ikuti petunjuk untuk mengatur EQ sesuai selera.

Matikan suara ‘bloop’ di Samsung Galaxy S4

Saat mengakses Galaxy S4 dengan menekan layar, akan muncul bunyi ‘bloop’ yang bagi sebagian orang akan cukup mengganggu. Untuk menonaktifkannya, Anda harus pergi ke Settings > My Device > Sound dan matikan ‘Touch Sounds’.

Tips Tampilan Samsung Galaxy S4

Menggunakan sarung tangan saat mengakses Samsung Galaxy S4

Apabila Anda ingin menavigasi Galaxy S4 saat menggunakan sarung tangan, maka Anda harus pergi ke Settings > My Device > Display > High Touch Sensitivity untuk mengaktifkan mode layar sentuh yang dapat dioperasikan saat mengenakan sarung tangan.

Melompat ke aplikasi-aplikasi favorit di Samsung Galaxy S4

Letakan jari Anda di sudut kanan atas jauh dari kunci layar, kemudian tarik ke kiri. Kini Anda dapat melihat daftar aplikasi favorit tanpa harus membuka kunci (unlock) telepon Anda. Daftar aplikasi ini juga dapat disesuaikan seperti selera Anda.

Mengatur jalan pintas di Samsung Galaxy S4

Anda dapat mengatur ‘quick settings’ yang Anda lihat saat menurunkan jendela dari layar bagian atas dan ikon jalan pintas di bagian atas aplikasi kamera. Untuk memilih pengaturan cepat (quick settings), Anda harus pergi ke Settings > My Device > Display > Notification panel. Tekan dan tahan pengaturan yang ingin Anda geser ke kelompok teratas, kemudian tarik ke baris atas.

Untuk mengatur shortcut kamera, pergi ke aplikasi kamera dan ketuk peralatan di bagian atas layar. Lalu tekan dan tahan ikon peralatan di kiri atas. Jika Anda ingin memindahkan salah satu ikon shortcut, tekan dan tahan ikon baru yang Anda ingin pindahkan ke tempat tersebut dan tariklah ke baris atas.

Lihat seluruh shortcut di Samsung Galaxy S4

Jika pengaturan 5 jalan pintas tidak cukup, Anda dapat melihat 19 fitur toggle berbeda dengan cara menggeser dua jari ke bawah dari bagian layar manapun.

Pantau baterai Samsung Galaxy S4

Untuk memperoleh data penggunaan baterai yang lebih tepat, Anda dapat pergi ke Settings > My Device > Display dan pilih Display presentasi baterai. Kini Anda akan memperoleh informasi tenaga baterai yang tersisa setiap waktu. (Jv/pcmag).