Apabila Anda saat ini berniat untuk mengganti handphone BlackBerry ke iPhone atau handphone berplatform Android, hal utama yang tentunya menjadi pemikiran adalah cara memindahkan daftar kontak, sejumlah pesan penting serta email ke handphone yang baru. Untuk itu, Research in Motion menawarkan sebuah software sinkronisasi desktop, semacam BlackBerry Desktop Manager, yang dapat mengirim seluruh kalender dan kontak Anda ke Microsoft Outlook, Windows Calendar, Lotus Notes dan beberapa aplikasi pengaturan lainnya.

Bagi Anda yang berencana mensinkronisasi iPhone atau ponsel Android dengan Microsoft Outlook atau salah satu dari aplikasi yang disebutkan, Anda harus meneruskan rencana tersebut dan melakukannya juga pada PC atau Mac, baru setelah itu bergantung pada aplikasi dari RIM tersebut untuk meneruskan data-data penting ke handphone terbaru Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu membongkar SIM card di handphone BlackBerry dan memasangkannya di handphone yang baru sambil berharap semoga dapat terbaca dengan baik.

Selain itu, perusahaan yang memiliki server terbesar didunia, Google, juga menyediakan cara instan untuk mensinkronisasi daftar kontak dari satu handphone ke handphone lainnya. Aplikasi dan layanan Google Sync bekerja dengan baik pada ponsel BlackBerry, iPhone, Nokia Symbian, Windows Mobile model lama (6.0 dan 6.5) serta berbagai handphone pintar lain yang didukung oleh SyncML. Seluruh handphone Android telah memiliki akun sinkronisasi Google, termasuk daftar kontak, dan sebagian besar handphone pintar yang canggih (termasuk Windows Phone 7) telah menawarkan layanan yang mirip dengan sinkronisasi kontak pada Google/Gmail. Sayangnya, Google hanya memperbolehkan Anda mengekspor kontak pada perangkat yang menggunakan format CSV dan vCard.

transfer kontak bb ke iphone android

ilustrasi

Untuk mulai memindahkan daftar kontak dari ponsel BlackBerry, awalnya Anda harus membuka browser di BlackBerry Anda dan menuju ke m.google.com/sync. Anda akan disajikan langkah untuk mengunduh aplikasi Google yang dibuat khusus untuk ponsel BlackBerry. Jalan lainnya adalah dengan membuka browser desktop dan menuju ke google.com/mobile/sync, kemudian klik link Download App dibawah judul BlackBerry, dimana Anda dapat memasukan nomor handphone Anda untuk mendapatkan link langsung yang dikirim via SMS ke ponsel Anda.

Pada sebagian besar handphone BlackBerry, aplikasi Google Sync dapat terinstal secara otomatis setelah Anda menyetujui untuk mengunduhnya. Ketika telah terinstal, Anda akan menemukan ikon Google Sync di layar utama (atau di daftar aplikasi). Klik pada ikon tersebut, ANda akan diminta mengisi alamat Gmail atau alamat lengkap email Anda pada akun Google Apps untuk menuju area login.

Bagi yang telah menggunakan Gmail, Google Docs, Google Calendar atau berbagai produk Google lainnya yang membutuhkan kata sandi, Anda langsung memperoleh akun yang dapat dimuat dengan Google Contacts. Inilah yang membuat aplikasi Google Sync sangat nyaman digunakan, namun ini juga berarti menyatukan daftar kontak pribadi Anda yang ada di akun Google/Gmail dengan daftar kontak di ponsel BlackBerry Anda. Selain itu, Google Sync juga akan mengirim item kalender dari ponsel BlackBerry ke Google Calender berdasarkan akun Google tersebut, serta mensinkronisasi kontak pada Gmail/Google ke ponsel BlackBerry.

Apabila Anda tidak menggunakan Gmail atau tidak memiliki terlalu banyak nama di Google Contacts, maka menggunakan akun yang sudah ada tidak menjadi masalah. Namun jika data kontak di akun lama Anda terlalu banyak, sebaiknya Anda membuat akun Gmail/Google yang baru untuk disinkronisasi dengan daftar kontak di BlackBerry Anda. Sebenarnya saat ini Google Contact bukan merupakan sistem manajemen kontak yang paling lincah dan mudah disesuaikan, namun aplikasi ini gratis dan mudah terkoneksi dengan hampir seluruh smartphone yang ada.

Dalam kasus lainnya, Anda dapat mempersiapkan login dan kata sandi dari akun Google yang baru atau yang telah ada, kemudian masuk ke Google Sync app di BlackBerry. Anda akan mendapatkan layar pembuka yang menyediakan tombol sync di bagian bawah. Tekan tombol tersebut dan menunggu sementara daftar kontak yang ada di ponsel Anda disimpan di cloud. Jika Anda memiliki cukup banyak daftar kontak di BlackBerry dan akun Google, hal ini akan memakan waktu yang cukup lama. Lakukan hal yang sama dengan item kalender di kedua sisi. Tunggulah sejenak, kemudian langsung menuju ke google.com/contacts dan login dengan akun Google yang sama. Perhatikan daftar kontak yang ada, cari beberapa kontak utama Anda dan pastikan datanya benar, kemudian masukkan ke dalam handphone baru Anda.

Untuk memindahkan kontak ke iPhone, Anda dapat melakukan seperti menyetel sinkronisasi Microsoft Exchange ke server Google. Google telah menguraikan langkah-langkah men-set pada halaman Google Sync. Versi terpendeknya adalah: Menuju ke ‘Setting’ di iPhone, tekan Mail, Contacts, Calendars, tekan Add Account dan kemudian pilihlah Microsoft Exchange dari daftar. Masukkan alamat email Gmail/Google Anda secara lengkap di kolom username dan kata sandi di kolom password, kemudian tekan Next di pojok kanan atas pada layar. Pada kolom Server, ketik m.google.com. Pastikan Anda memilih kontak untuk disinkronisasi ketika opsi diberikan, dan juga Anda dapat mensinkronisasi kalender serta pesan Gmail/Google Apps jika diinginkan. Apabila Anda memiliki daftar kontak pada iPhone, Anda akan ditanya apakah ingin menyatukannya dengan kontak yang ada di Google/BlackBerry, atau menggantikannya.

Bila Anda memilih ponsel Android, Anda sepertinya sudah memperoleh akun Google saat menyalakan handphone untuk pertama kalinya. Jika Anda mensinkronisasikan ke akun yang berbeda, atau tidak melihat adanya kontak BlackBerry setelah menunggu sekian lama, Anda harus menuju ke Setting app dengan menekan tombol Menu pada layar awal. Kemudian, bergulir dan pilih Accounts & Sync. Jika akun yang tersinkronisasi dengan BlackBerry muncul, tekan dan pastikan kontak telah terdaftar sebagai item yang tersinkronisasi. Jika Anda butuh menambah akun, tekan pada tombol Add Account di bagian bawah dan lanjutkan dengan langkah seperti biasa.

Keduanya baik iPhone maupun perangkat Android yang tersinkronisasi melalui Google akan selalu menjaga daftar kontak Anda agar up-to-date, baik di handphone maupun di Google Contacts. Ketika Anda ingin menambahkan atau mengubah nama atau detail dengan keyboard yang lebih besar, Anda dapat melakukannya melalui web, dan ketika Anda memerlukannya di smartphone, Anda akan menemukannya. Lakukan dengan resiko sendiri. (Rk/pcworld).

Suka? Share Tips / Artikel ini...

Dapatkan Update Terbaru RikhoJansen.com. GRATIS!

Kami membenci SPAM dan menghormati serta menghargai PRIVACY Anda.