NFC atau Near Field Communication adalah pengembangan dari teknologi berbasis Radio Frequency Identification (RFID). RFID sendiri memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM. Tapi tentu ada perbedaan jika untuk melakukan transaksi ATM harus digesek maka kartu RFID hanya didekatkan ke alat pembacanya. Contoh RFID adalah kartu e-toll Bank Mandiri atau Flazz Bank BCA di Indonesia.

Apa itu NFC dan Bagaimana cara kerja NFC (Near Field Communication) ?

Cara kerja NFC yaitu pengguna harus mempunyai chip NFC pada perangkat sendiri dan menempelkan atau mengibaskan perangkat tersebut pada perangkat lain yang sudah memiliki alat pembaca NFC juga.

Pada dasarnya ada dua mode operasi yang dicakup oleh protokol NFC, yaitu NFC aktif (terbuka) dan NFC pasif (secure).

NFC terbuka (aktif) adalah kedua perangkat radio menghasilkan bagian sendiri untuk mengirimkan data yang artinya menghubungkan dua perangkat yang sama-sama memiliki NFC dan hal ini memungkinkan pertukaran konten digital antar perangkat. Pengguna dengan mudah bisa menghubungkan ponsel NFC dengan smartphone yang lain, hanya dengan menyentuhkan kedua ponsel. Ada beberapa ponsel yang sudah mengadopsi teknologi ini seperti Blackberry dengan ‘Blackberry Tag’, Samsung galaxy SII, Nokia Lumia 800, Nokia Lumia 710, dan lain-lain. Dengan cara ini pengguna bisa saling bertukar konten, seperti foto, atau bahkan bermain game, tanpa harus melakukan koneksi pairing Bluetooth.

NFC secure (Pasif) adalah hanya satu perangkat saja yang menghasilkan bidang radio, sementara modulasi lainnya menggunakan beban lain untuk mentransfer data yang artinya lebih kepada penggunaan perangkat mobile contoh  smartphone yang sudah terintegrasi dengan NFC (Near Field Communication) sebagai dompet atau kartu kredit atau alat bayar virtual. Cara kerjanya pengguna hanya perlu mengibaskan perangkat mobile tersebut ke mesin atau alat pembaca NFC.

NFC

Apa Keunggulan dan kegunaan NFC?

Keunggulan NFC cukup banyak. Dengan NFC pengguna bisa leluasa untuk bertransaksi membayar sesuatu, menjadi mesin kas, membayar jalan toll, melakukan “check in” di tempat tertentu, mengumpulkan poin atau berbelanja di pusat perbelanjaan, bisa menjadi mesin penjual dan meter parkir, atau nanti bisa mengakses situs atau blog tanpa harus mengetikkan URLnya.

NFC bahkan bisa menggantikan perangkat wi-fi dan bluetooth contohnya pengguna ingin mencetak foto pada printer yang sudah memiliki chip NFC, cukup menyentuh perangkat NFC pada printer yang telah diaktifkan, dan menghidupkan koneksi bluetooth untuk mengirimkan foto digital dari perangkat yang akan dicetak pada printer.

Semakin banyak perangkat seperti mobile handset, smartphone, PC, kamera, printer yang menggunakan teknologi NFC karena saat ini NFC (Near Field Communication) dipandang sebagai salah satu hal yang menguntungkan dari sudut pandang pendapatan. Menurut data riset Jupiter pada tahun 2013 nanti diprediksi akan terjual sekitar 700 juta ponsel berkemampuan NFC.

Teknologi NFC mulai berkembang ke smartphone setelah Nokia memproduksi ponsel pertama yang menggunakan teknologi NFC pada tahun 2006. Saat ini Game mobile populer Angry Birds, misalnya, telah memiliki versi ekslusif NFC untuk Nokia C7. ‘Angry Birds Free with Magic’ memiliki level-level tersembunyi yang bisa dibuka lewat menyentuhkan ponsel dengan Nokia C7 lainnya, atau dengan membaca sebuah tanda NFC yang akan langsung menghubungkan anda ke Ovi Store untuk mengunduh level-level berikutnya.

Bahkan sekarang karena berkembangnya game Angry Birds untuk unlocked special character di Angry Birds, gamer harus membeli merchandise original lalu men-scan foto boneka atau merchandise Angry Birds lainnya. Semua memanfaatkan teknologi NFC (Near Field Communication).

Berikut hanya beberapa kesimpulan dari banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan dari NFC :

  • Mudah melakukan transaksi melalui kartu kredit
  • Transaksi pembelian untuk transportasi umum seperti tiket pesawat, bus, kereta api, belanja di toko, bayar toll jadi mudah
  • Bisa bertukar konten baik foto, video, dokumen, dan lain-lain
  • Bisa download data, musik, foto atau apa saja langsung dari ponsel
  • Main game dari mana saja
  • Cetak foto hanya dengan menghubungkan printer dan perangkat NFC lainnya
  • Dan lain-lain

Dengan Teknologi NFC ini diharapkan banyak orang atau perusahaan akan dipermudah dalam banyak hal khusus dalam berbagi konten dan transaksi barang atau jasa.