Nokia Lumia 610 didesain menjadi salah satu Windows Phone termurah dan pertama yang berbasis chipset Qualcomm MSM7x27. Kehadiran smartphone yang dijalankan dengan Windows Phone 7.5 yang umumnya dikenal dengan nama Tango ini diungkapkan pertama kalinya di MWC minggu lalu. Lumia 610 menjadi salah satu Windows Phone yang diluncurkan hanya dengan menggunakan RAM 256MB.

Meskipun demikian, dari segi penampilan Nokia Lumia 610 tidak nampak seperti ponsel murahan yang berkualitas rendah. Berdimensi 4.7×2.4×5 inch dengan berat 4.6 ons, Lumia 610 mengadopsi layar LCD berukuran 3.7 inch dengan resolusi 800×480 dan memori sebesar 8GB tanpa adanya slot untuk memory card.

Selain itu Lumia 610 juga memiliki kamera 5 megapixel yang dapat merekam video 720p, namun tidak dilengkapi oleh kamera muka. Dalam segi konektifitas, Lumia 610 dapat terhubung ke internet melalui HSDPA 7.2 dan Wi-Fi serta dilengkapi juga oleh Bluetooth 2.1.

Nokia Lumia 610Penggunaan Windows Phone 7.5 Tango membuat Lumia 610 memiliki beberapa keterbatasan meskipun dijamin dapat menjalankan hampir ke 65000 aplikasi Windows Phone yang tersedia. Beberapa keterbatasan tersebut adalah layanan mesin pencari Bing Local Scout dan sebagian besar latar belakang dari fungsi multitasking kecuali pemutar musik. Sehubungan dengan spesifikasi RAM yang cukup rendah (hanya 256MB), Microsoft memberi sejumlah rekomendasi antara lain mengurangi fitur-fitur yang digunakan.

Meskipun Microsoft mengurangi beberapa fungsi karena rendahnya memori pada ponsel tersebut, namun Lumia 610 memiliki sejumlah fitur baru antara lain kemajuan pada MMS, pengaturan kontak SIM yang lebih baik dan ikon penanda lokasi baru. Dalam hal kecepatan, Lumia 610 dengan prosesor 800 MHz tentu saja tidak secepat Windows Phone lainnya. Menariknya di Lumia 610 Anda tetap dapat melakukan gerakan menggeser atau berputar dengan cukup lancar. Hal ini dimungkinkan karena dukungan program yang luar biasa dari user interface Windows Phone.

Selain itu Nokia menyediakan aplikasi baru di Lumia 610 yaitu aplikasi transportasi public, Nokia Transport. Dengan aplikasi tersebut Anda dapat melakukan penjadwalan untuk keberangkatan kereta dan bus setiap harinya. Menurut Nokia, Lumia 610 akan dijual seharga 189 euri dan akan hadir dengan tiga pilihan warna (putih, biru dan pink) pada kuartal kedua tahun ini.

* Cek Update Harga hp Nokia Lumia 610 terbaru

Suka? Share Tips / Artikel ini...

Dapatkan Update Terbaru RikhoJansen.com. GRATIS!

Kami membenci SPAM dan menghormati serta menghargai PRIVACY Anda.