Setelah sekian lama BlackBerry mempertahankan layanan BBM (BlackBerry Messenger) untuk hanya dapat digunakan secara eksklusif di jajaran produk BlackBerry saja, akhirnya perusahaan ‘menyerah’. Melalui konferensi BlackBerry Live yang diadakan di Orlando, Florida, CEO BlackBerry – Thorsten Heins mengumumkan bahwa layanan BBM akan diluncurkan untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Menurut jadwal, pengguna Android dan iOS akan dapat mencicipi BBM yang hadir sebagai aplikasi gratis mulai musim panas mendatang.

Heins mengatakan, “Kami membuat platform BBM lebih powerful dari yang pernah ada. Kami ingin menawarkan layanan mobile yang powerful ini ke semua orang.” Untuk dapat menikmati aplikasi BBM yang dihadirkan secara gratis, pengguna harus memiliki model iPhone yang minimal dijalankan dengan iOS 6 atau perangkat berbasis Android yang minimal mengusung Android versi Ice Cream Sandwich atau Jelly Bean. Heins juga menjelaskan bahwa perusahaan berkomitmen untuk membuat BBM dapat berjalan dengan fitur penuh di platform lainnya. Namun dirinya juga menekankan bahwa layanan berkirim pesan ini tetap lebih unggul bila dijalankan di handset BlackBerry.

BBM untuk ios dan android

CEO perusahaan tersebut juga menjelaskan bahwa perusahaan sangat yakin dengan kesuksesan yang diraih OS BlackBerry 10, sehingga merasa tidak khawatir membagi layanan utamanya BBM ke sistem operasi yang lain. “Kami yakin bahwa waktunya sangat tepat bagi BBM untuk menjadi solusi berkirim pesan di multiplatform,” ujar Heins. Peluncuran layanan BBM sebagai aplikasi gratis yang dimulai musim panas ini masih berbentuk layanan standar, yakni untuk berkirim pesan antar pengguna dan membentuk grup untuk berkomunikasi. Sementara layanan berbagi video dan layar akan menyusul di akhir tahun ini. Begitu pula dengan layanan BBM Channels yang sepertinya akan hadir di tahun ini juga. (Rk/pocket-lint, techhive).