Meskipun hp Samsung Galaxy S4 rencananya baru akan diluncurkan resmi pada 14 Maret mendatang di Radio City Music Hall – New York, namun perusahaan asal Korea Selatan tersebut dilaporkan sedang mengerjakan sebuah perangkat yang menggunakan layar OLED ukuran 5.9 inch. Laporan yang bersumber dari The Korea Times ini juga menyatakan bahwa phablet baru tersebut akan ditenagai chipset Exynos octa-core untuk mampu memproses dan mengunduh data lebih cepat. Sepertinya langkah ini diambil Samsung dalam rangka memperkuat kedudukannya di pasar phablet, dimana saat ini diramaikan oleh beberapa perusahaan ternama asal Cina seperti ZTE dan Huawei. Rencananya, phablet 5.9 inch dari Samsung akan meluncur di pasar pada pertengahan kedua tahun ini.

Sementara itu, rumor seputar Samsung Galaxy S4 terus beredar menyambut kehadirannya minggu depan. Hari Senin kemarin, perusahaan mengedarkan video penggoda berjudul “Be ready 4 the next Galaxy” dengan Jeremy Maxwell – aktor cilik yang menjadi “pembawa berita rahasia”. Tidak ada spesifikasi teknis apapun yang diumumkan melalui video iklan tersebut, hanya diakhiri dengan tanda “to be continued…”. Informasi terbaru juga hadir melalui gambar yang muncul secara online melalui salah satu situs teknologi, yang menunjukan bahwa Samsung merevisi rancangan antar muka TouchWiz dengan ikon terbaru dan merancang ulang menu setting-nya.

Samsung Galaxy S4

Beberapa fitur baru yang mungkin hadir di Galaxy S4 juga terkuak melalui gambar tersebut. Salah satunya adalah Smart Scroll, kemampuan melacak gerak mata pemilik GSIV untuk bergulir di website. Fitur lainnya disebut Smart Pause, berfungsi untuk menghentikan media, seperti video, secara otomatis saat pengguna tidak lagi menyaksikannya. Gambar tersebut juga mengkonfirmasi bahwa Samsung akan melengkapi Galaxy S4 nya dengan sistem operasi Android 4.2.1 Jelly Bean.

Salah satu yang dapat dianggap merugikan Samsung adalah pilihannya untuk tetap membangun Galaxy S4 dengan eksterior yang terbuat dari bahan plastik. Mengenai hal ini, executive VP Samsung – Y.H. Lee menjelaskan kepada CNet, bahwa keputusan tersebut diambil karena perusahaan perlu membuat perangkat tersebut dalam waktu cepat dan efisien karena tingginya jumlah yang akan dikirimkan. Sehingga, Samsung memilih bahan dasar yang telah tersedia dan mudah dimanipulasi.

Ponsel Android unggulan dari Samsung ini dilaporkan akan dilengkapi layar ukuran 4.99 inch tampilan full HD 1920 x 1080 pixel. Sejumlah detail spesifikasi mengenai Samsung Galaxy S4 telah terlebih dahulu muncul di berbagai situs online, diantaranya prediksi bahwa hp pintar ini akan ditenagai prosesor Samsung Exynos 5410 8 inti dengan kecepatan 1.8GHz per inti dan terbagi dari 2 prosesor 4 inti, RAM 2GB dan pilihan penyimpanan 16GB atau 32GB. Kamera yang digunakan yakni kamera utama 13MP yang mampu merekam video 1080p serta kamera depan 2.1MP untuk kebutuhan video chat.

Tentu saja, semua rumor yang beredar mengenai Samsung Galaxy S4 maupun kehadiran phablet Samsung ukuran 5.9 inch masih belum dapat dipastikan hingga saat peluncuran resminya tiba. (Ch/zdnet, informationweek).

Suka? Share Tips / Artikel ini...

Dapatkan Update Terbaru RikhoJansen.com. GRATIS!

Kami membenci SPAM dan menghormati serta menghargai PRIVACY Anda.