Foto BlackBerry X10, Slide Fitur Terbaru BB10 Dan Sertifikasi Kominfo

Seiring dengan jadwal peluncuran OS BlackBerry 10 yang sudah di depan mata, berbagai berita pastinya tidak habis-habis mengikutinya. Bahkan foto dengan resolusi tinggi dari handphone yang diklaim sebagai BlackBerry X10 menyebar secara online yang bersumber dari situs N4BB. Foto hp yang awalnya disebut sebagai BlackBerry N-Series tersebut menyajikan informasi yang cukup jelas mengenai desain klasik yang dipilih RIM untuk ponsel terbarunya yang menggunakan keyboard QWERTY fisik. Didukung oleh sebuah layar berbentuk kotak yang relatif agak kecil, diprediksi sekitar 4 atau 5 inch, BlackBerry X10 juga sepertinya menyajikan lensa kamera lengkap dengan lampu kilat di bagian belakangnya.

Hp BlackBerry X10

Selain terkuaknya foto beresolusi tinggi dari hp BlackBerry X10, beredar juga beberapa slide yang memperlihatkan fitur-fitur terbaru yang akan disajikan di OS BlackBerry 10. Menurut slide-slide yang bersumber dari forum pembaca CrackBerry tersebut, BB10 akan memiliki fitur BBM Video yang mirip dengan kemampuan video chat di berbagai ponsel pintar seperti Face Time atau Skype. Dengan menggunakan BBM Video, maka percakapan antar dua orang akan disertai dengan tampilan yang memperlihatkan lawan bicaranya yang terletak di pojok kanan bawah. BB 10 juga akan memiliki fitur berbagi layar dimana pengguna dapat membagi layarnya dengan teman BBM mereka. “BlackBerry Remember” juga akan melengkapi fitur terbaru BB10. Fitur ini seperti kalender yang digunakan untuk mengingat jadwal tugas atau pekerjaan pengguna yang dapat disinkronisasikan dengan aplikasi kalender dari Microsoft Outlook serta kemungkinan terintegrasi dengan Evernote.

Fitur BB10

Selanjutnya, bagi publik Indonesia yang merupakan penggemar berat handset BlackBerry sepertinya tidak usah kuatir, karena ternyata ponsel BlackBerry 10 ternyata telah memperoleh restu dari Kominfo untuk dapat dipasarkan di Indonesia. Berita mengenai sertifikasi Kominfo tersebut dapat dilihat di situs resmi Kominfo tertanggal 26 Desember 2012 yang lalu, dimana dua distributor – PT Surya Citra Multimedia dan PT Trikomsel Oke, Tbk. Telah mengantongi status SP2 Sertifikat untuk perangkat BlackBerry 10 dengan kode STL 100-1-RFG81UW buatan Meksiko. Sedangkan pengajuan yang dilakukan oleh CV Citra Era Communication masih berstatus “Pemeriksaan Dokumen 1”. Jadi, bersiaplah menunggu kehadiran BlackBerry 10 di tahun baru yang akan datang. (Jv/dailytech, itechpost).

Foto BlackBerry X10, Slide Fitur Terbaru BB10 Dan Sertifikasi Kominfo | Rikho Jansen | 4.5