Pada hari Minggu, salah seorang pejabat Samsung melaporkan melalui Korea Times mengenai rencana Apple untuk meluncurkan iPad yang berukuran lebih kecil (iPad Mini) dengan layar 7.85 inch. Selain itu, menurut perusahaan Korea yang menjadi pensuplai suku cadang bagi Apple, perusahaan asuhan Steve Jobs tersebut berencana untuk membeli suku cadang dari Samsung Elektronik senilai $11 milyar tahun ini.

“Jumlah kontrak yang ada sekarang ini sekitar $9.7 milyar. Kontrak tersebut diharapkan meningkat hingga $11 milyar pada akhir tahun ini sejalan dengan rencana Apple untuk meluncurkan iPad berukuran kecil, kemungkinan dengan layar 7.85 inch dan untuk menjual lebih banyak PC MacBook Air yang menggunakan penyimpanan SSD yang lebih cepat milik Samsung,” demikian pernyataan dari pejabat Samsung.

ipad miniMeskipun Samsung dan Apple sering terlibat perseteruan akibat perebutan hak paten, namun kedua perusahaan raksasa ini memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Kehadiran Samsung pada jajaran produk Apple secara tidak langsung mendukung performa produk Apple. Sebaliknya apabila produk Apple mengalami peningkatan jumlah penjualan, maka semakin besar jumlah suku cadang Samsung yang dibutuhkan, artinya keuntungan juga bagi Samsung.

Kerjasama antara CEO Apple Tim Cook dan COO Samsung Electronic Lee Jay-yong untuk memilih komponen Samsung sebagai bagian dari produknya hingga akhir 2014 terjadi saat Lee mengunjungi kantor di Cupertino, California akhir tahun lalu. Beberapa komponen Samsung yang digunakan pada iPhone dan iPad diantaranya layar, prosesor untuk aplikasi mobile (APs), chip NAND flash dan DRAMs mobile.

Sedangkan pada New iPad, komponen Samsung yang terdapat didalamnya antara lain layar, APs mobile dan chip memory serta panel QXGA. Menurut perusahaan peneliti pasar HIS iSuppli, Samsung berhasil mengalahkan dua saingan ketatnya – LG Display dan Sharp karena kedua perusahaan tersebut tidak siap untuk mensuplai panel yang dibutuhkan akibat masalah yang terjadi di pabriknya. Samsung rencananya juga akan mensuplai layar flat yang menggunakan teknologi baru PLS yang berbasis teknologi LCD yang akan digunakan pada iPads yang lebih kecil. (Ch/Koreatimes, pcmag)

Suka? Share Tips / Artikel ini...

Dapatkan Update Terbaru RikhoJansen.com. GRATIS!

Kami membenci SPAM dan menghormati serta menghargai PRIVACY Anda.