Dalam rangka bersaing dengan tablet dan smartphone yang merajalela sekarang ini, pada hari Rabu Sony meluncurkan aplikasi non-permainan pertamanya bagi PlayStation Vita. Beberapa aplikasi yang telah siap di unduh secara gratis adalah Netflix, Twitter dan Flickr.

Aplikasi Netflix

Sepertinya Netflix merupakan aplikasi yang paling berguna di PS Vita. Meskipun Anda telah memiliki layanan video streaming di perangkat lainnya, PS Vita memiliki keunggulan tersendiri. Ukuran layarnya yang cukup lebar dengan resolusi 960×544 yang cukup ‘HD’ akan menambah kenyamanan tersendiri saat Anda menyaksikan video favorit dibandingkan iPad atau laptop. Namun bagi pengguna jaringan 3G, aplikasi Netflix akan menghabiskan data Anda dengan cepat.

Untuk menggunakan aplikasi Netflix, Anda dapat menggunakan tombol-tombol yang tersedia di PlatStation Vita. Sebagai contoh, untuk melakukan fast-forward atau rewind, Anda dapat menggunakan stick analog. Sedangkan untuk pause, Anda dapat menekan tombol X. Selain itu Anda juga dapat menggunakan sistem layar sentuh untuk memilih timeline video dan sebagainya. Kekurangan yang dirasakan hanyalah ketidakmampuan untuk bergulir (scroll) antar halaman dengan cepat.

Sony PS Vita

Aplikasi Twitter

Aplikasi Twitter untuk PS Vita menyediakan seluruh fungsi standard dari layanan jejaring sosial ini. Dengan kemudahan untuk bergulir melalui timeline Anda, @replies atau pesan langsung dengan scroll yang responsif dan opsi refresh yang biasa. Untuk mencari tweets khusus, Anda dapat menggunakan keyword atau hastag.

Kekurangan aplikasi Twitter di PS Vita adalah dalam mengetik pesan. Agak sulit mengetik pesan dengan keyboard yang berukuran besar-besar di layar, sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, jika Anda mengklik link dari LiveTweet, maka PS Vita Anda akan membatasi web browser dan memerlukan beberapa detik untuk membuka suatu halaman.

Aplikasi Flickr

Kemungkinan besar aplikasi Flickr di PS Vita menjadi yang terfavorit. Dengan kemudahan yang disajikan untuk mengakses secara cepat ke photostream, favorit, kontak, menyimpan hasil pencarian serta memberikan saran Flickr yang menarik bagi anggota lainnya. Juga sangat menyenangkan dengan adanya opsi upload tanpa perlu meninggalkan menu utama.

Hanya membutuhkan beberapa ketukan untuk mengubah tampilan thumbnail menjadi gambar berukuran layar penuh yang indah dengan kemampuan untuk memperbesar dengan menggunakan layar sentuh. Namun sayangnya aplikasi ini tidak menyediakan opsi unduh bagi foto yang Anda sukai sehingga Anda tidak bisa menggunakannya sebagai wallpaper.

Dilihat dari penampilan ketiga aplikasi non-permainan pertama bagi PS Vita, sepertinya Vita memiliki potensial untuk dieksplorasi lebih daripada sekedar perangkat game saja. Diharapkan Sony akan menyediakan berbagai aplikasi lainnya diluar aplikasi permainan sehingga PlayStation Vita dapat berintegrasi sempurna dalam kehidupan digital masa kini. (Jv/CNN).

Suka? Share Tips / Artikel ini...

Dapatkan Update Terbaru RikhoJansen.com. GRATIS!

Kami membenci SPAM dan menghormati serta menghargai PRIVACY Anda.