BlackBerry sepertinya menyadari bahwa sebagian pengguna handphone aktif saat ini adalah kaum muda yang umumnya memiliki budget terbatas. Untuk itu, CEO BlackBerry – Thorsten Heins pada Selasa lalu mengumumkan kehadiran BlackBerry Q5, ponsel yang dirancang khususnya untuk konsumen di negara berkembang. Seperti ‘kakak-nya’, Q10, BlackBerry Q5 juga didukung layar sentuh plus keyboard QWERTY fisik untuk mendukung kegiatan mengetik lebih cepat. Rencananya, ponsel yang memiliki tampilan mirip Q10 ini akan dihadirkan dalam berbagai warna pilihan, antara lain hitam, merah, putih dan pink, sekitar bulan Juli 2013 mendatang di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia dan Amerika Latin.

Dalam siaran persnya, Heins mengungkapkan, “BlackBerry sangat bersemangat menghadirkan smartphone baru BlackBerry Q5 untuk konsumen di pasar tertentu di seluruh dunia.” Selanjutnya dirinya menjelaskan, “BlackBerry Q5 akan menyajikan berbagai hal terbaik dari fungsionalitas si canggih BlackBerry 10 dan disertai keyboard QWERTY fisik. Ini ditujukan bagi penggemar muda yang sangat bergairah, percaya diri dan berani dan memudahkan mereka untuk bersenang-senang, berkarya, berbagi dan tetap berhubungan.”

BlackBerry Q5 Hp Murah Gunakan Os BB 10

BlackBerry Q5

BlackBerry Q5 didukung dengan layar multi-sentuh kapasitif berukuran 3.1inch dengan resolusi 720 x 720 pixel. Untuk mendukung operasionalnya, Q5 akan ditenagai prosesor dual core 1.2GHz, RAM 2GB serta memori internal berkapasitas 8GB yang dapat diperbesar dengan kehadiran slot microSD. Ponsel pintar yang dijalankan dengan OS BlackBerry 10 tersebut dirancang menjadi satu dengan baterainya. Dengan kata lain, baterai di Q5 tidak dapat dilepas dari handsetnya. Sedangkan untuk penggemar foto, BlackBerry melengkapi Q5 dengan fitur dual kamera, yakni kamera utama 5MP plus kamera depan 2MP yang handal untuk mendukung panggilan video, dengan demikian pengguna dapat beralih dari percakapan via teks BBM ke percakapan BBM video.

Meskipun bukan menjadi ponsel unggulan perusahaan, namun kehadiran BlackBerry Q5 dipercaya akan menjadi salah satu senjata perusahaan untuk kembali menguasai pasar kelas menengah yang didominasi oleh kaum remaja. BlackBerry Q5 juga menghadirkan berbagai fitur yang dapat ditemukan di BlackBerry 10.1 seperti yang sekarang hadir di BlackBerry Q10 dan Z10. Sayangnya hingga kini belum ada informasi mengenai harga jual BlackBerry Q5. (Dl/cnet, idigitaltimes)