Mengenal BlackBerry Z10 Lebih Dekat

BlackBerry akhirnya kembali dalam persaingan ketat di arena ponsel pintar dengan menghadirkan handphone andalannya BlackBerry Z10. Kehadiran hp full layar sentuh ini menjadi tanda keseriusan BlackBerry untuk kembali bersaing dengan berbagai smartphone unggulan saat ini termasuk Samsung Galaxy S3 serta Apple iPhone 5. Untuk itu, selain memperlengkapi Z10 dengan OS terbaru BlackBerry 10, perusahaan juga membenamkan berbagai peningkatan spesifikasi, software serta berbagai layanan menarik pada handphone yang memiliki tampilan modern dan ramping ini. Dilengkapi dengan tampilan layar HD yang cantik, prosesor super cepat serta kamera papan atas dengan berbagai alat peng-editan, Z10 siap menduduki posisi penting di dunia ponsel.

BlackBerry Z10

Desain dan Tampilan Layar

BlackBerry Z10 didesain dengan tampilan macho a la Apple iPhone 5, berkesan tinggi dan ramping dengan sudut membulat sehingga nyaman untuk digunakan dengan satu tangan. Handphone berdimensi 13 x 6.6 x 0.9 cm dengan bobot 136 gram ini sangat proporsional sehingga nyaman dalam genggaman dibandingkan iPhone 5. Walaupun menggunakan ukuran layar lebih besar dibanding iPhone 5, namun BlackBerry Z10 masih cocok untuk dimasukan ke dalam saku. Disekeliling casing Z10 dilengkapi dengan band yang terasa seperti logam tipis, padahal sebenarnya dibuat dengan bahan plastik. Penggunaan bahan plastik ini membuat tampilan Z10 sedikit kurang solid dibandingkan dengan iPhone 5. BlackBerry Z10 tidak dilengkapi dengan tombol navigasi baik tombol fisik maupun kapasitif sehingga pengguna harus mengoperasikan hp ini melalui gerakan jari.

Di bagian depan BB Z10 dilengkapi layar tampilan LCD ukuran 4.2 inch resolusi WXGA HD 1280 x 768 pixel, dengan densitas lebih tinggi dibanding iPhone 5 (355 ppi di Z10 dan 326ppi di iPhone 5). Antara layar bagian atas dan panel tercipta sedikit jarak. Di atas layar terdapat sederet sensor yang terdiri dari notifikasi LED dan kamera depan 2MP. Tombol power diletakan di bagian tengah atas, di sebelah jack headphone 3.5mm. Pada Z10, BlackBerry juga menambahkan tombol mute di tengah tombol volume yang disajikan di sisi kanan ponsel. Jika Anda menekan tombol bagian tengah tersebut, Anda dapat menghentikan musik sementara (pause). Apabila Anda secara terus menerus menekan kedua tombol volume, Anda akan mengambil sebuah screenshot. Sedangkan jika berada di mode kamera, Anda dapat langsung mengambil gambar dengan menekan salah satu tombol tersebut. Di sisi kiri ponsel Z10 disajikan port microHDMI dan port microUSB.

BlackBerry Z10 Detail

Di bagian belakang Z10 terdapat lensa kamera dengan lampu kilat LED serta ikon BlackBerry. Tidak seperti iPhone, bagian belakang dari BB Z10 dilengkapi dengan kartu SIM, baterai dan slot microSD.

Spesifikasi dan Kamera

Di bagian dalam BlackBerry Z10 akan disajikan berbagai spesifikasi yang mendukung performa ponsel ini. Z10 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Plus dual core kecepatan 1.5GHz, RAM 2GB, penyimpanan internal 16GB yang dapat diperbesar dengan kehadiran slot kartu microSD yang dapat menambah kapasitas penyimpanan sebesar 32GB.

Di sisi kamera, BB Z10 dilengkapi dengan fitur dual kamera, yakni kamera utama 8MP yang mampu merekam video HD 1080p serta kamera depan 2MP dengan kemampuan merekam video 720p. Kamera utama dilengkapi dengan fitur auto focus, 5x perbesaran digital dan pilihan mode burst dan stabilisasi. Sementara itu, bagi Anda yang senang memotret diri sendiri dengan menggunakan kamera depan, kabar baiknya adalah kamera tersebut memiliki kemampuan 3x perbesaran digital dan dapat merekam video. Gambar yang dihasilkan dari kamera depan inipun cukup baik.

Dengan menggunakan mode TimeShift (mode burst), maka Anda dapat mengambil sederet gambar dan dapat memilih yang terbaik diantara gambar-gambar tersebut. Menyentuh layar dibagian manapun saat Z10 berada dalam mode kamera akan memicu pemotretan. Meski kedua kamera yang disajikan secara garis besar dapat menghasilkan gambar yang cukup jelas, namun terkadang dapat timbul masalah dengan fokus, terutama saat menggunakan mode burst. Hasil gambar yang diambil di luar ruangan akan terlihat lebih berkualitas dibandingkan dalam ruangan.

Untuk merekam video, BlackBerry Z10 tidak mengecewakan. Hasil video yang direkam akan tampak jernih dengan audio yang cukup baik. BlackBerry nampaknya cukup menekankan penggunaan Z10 untuk menghasilkan presentasi multimedia singkat yang berkualitas melalui kehadiran aplikasi StoryMaker. Aplikasi ini mengkombinasikan antara video, foto dan musik. Selain itu, berbagai alat untuk mengedit foto juga disajikan di ponsel ini, antara lain untuk memotong, memutar dan membuat gambar menjadi tegak, mengurangi efek ‘mata merah’ serta menyajikan berbagai filter.

Video BlackBerry Z10 :

[iframe]

[/iframe]

Kualitas Panggilan

Kualitas panggilan dan output audio melalui earphone ataupun speaker yang disajikan melalui BB Z10 dapat dikatakan cukup sempurna. Suara yang dihasilkan saat percakapan berlangsung cukup kencang dan jernih tanpa distorsi yang berarti. Speaker dari ponsel ini juga cukup mengesankan, suara dari lawan bicara dapat dialirkan dengan terfokus dan terkontrol.

Fitur Konektivitas dan Aplikasi

BlackBerry Z10 yang mendukung jaringan 4G LTE, HSPA+ serta global roaming juga dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas, antara lain Wi-Fi (802.11 a/b/g/n), Bluetooth 4.0, GPS dan fitur NFC. Ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi jejaring sosial termasuk Twitter, Facebook, Foursquare dan LinkedIn, musik, peta serta aplikasi Documents to Go yang memungkinkan Anda untuk membaca, membuat maupun mengedit berbagai file dalam format Word atau Excel serta menampilkan file PowerPoint dan Adobe PDF. Tentunya, berbagai aplikasi lainnya juga dapat diperoleh melalui BlackBerry World.

BlackBerry Balance dan Kegunaan Bisnis

BlackBerry Z10 sangat nyaman digunakan dalam kegiatan bisnis, terutama dengan kehadiran BlackBerry Balance yang membantu Anda memisahkan antara aplikasi bisnis yang sensitif dan membutuhkan tingkat keamanan tinggi, dengan kehidupan pribadi Anda. Ponsel ini menyajikan pengaturan pribadi dan server terenkripsi unggulan BlackBerry serta kontrol parental dan BlackBerry Protect.

Performa dan Umur Baterai

Secara umum, BB Z10 menampilkan performa yang cepat dan responsif. Anda dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, masuk atau keluar dari area pesan atau mengatur konten hanya dalam waktu singkat. Pada kecepatan puncak, Z10 dapat membuka beberapa situs dengan cepat (kurang dari 3 detik menurut Cnet). Namun ponsel ini memerlukan waktu cukup lama, lebih dari 1 menit, saat melakukan boot awal – dari posisi mati hingga tampilan layar awal.

Baterai berkapasitas 1800mAh yang dibenamkan di BB Z10 diklaim dapat mentenagai ponsel ini hingga 10 jam waktu bicara, 12.7 hari mode standby di jaringan 3G serta 60 jam untuk pemutaran audio dan 11 jam pemutaran video. Namun, tentu saja hal ini masih harus dibuktikan. Menurut review yang dilakukan The Verge, baterai di Z10 tidak mampu bertahan selama waktu kerja tanpa diisi ulang. Saat baterai diisi ulang sekitar pukul 8 atau 9 pagi, maka baterai tersebut harus diisi kembali sekitar pukul 6 atau 7 malam untuk dapat tetap aktif.

Apakah BlackBerry Z10 cocok untuk saya?

Secara umum, BlackBerry Z10 dirancang dengan berbagai detail yang berkualitas. Namun jika dilihat dari keberadaan ponsel ini sebagai handset pertama dari perusahaan yang menggunakan BlackBerry 10, maka kemungkinan masih memiliki berbagai kekurangan. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan dengan matang apabila ingin membeli BB Z10.

Jika Anda telah lama ingin membeli BlackBerry baru yang mampu memisahkan antara penggunaan di ranah bisnis dan pribadi, menyukai ponsel versi full sentuh, ingin mencari sistem operasi alternatif selain iOS dan Android, maka sepertinya BlackBerry Z10 layak diperhitungkan. Namun bagi Anda yang tidak sabar untuk mempelajari UI model baru, kurang menyukai versi full sentuh, sangat bergantung pada peta untuk transportasi serta menyenangi OS yang mudah dikustomisasi, Anda sepertinya harus mengabaikan BlackBerry Z10. (Rk/cnet, theverge).

Mengenal BlackBerry Z10 Lebih Dekat | Rikho Jansen | 4.5