iPod Touch Generasi 5 dan iPod Nano Generasi 7 Terbaru dirilis oleh Apple bersamaan dengan iPhone 5. Ada beberapa perubahan dan perbedaan antara iPod Touch Generasi 5 terbaru ini dengan Generasi sebelumnya. Demikian ada perbedaan antara iPod Nano Generasi 7 dengan generasi 6. Sebenarnya Apple juga meluncurkan iPod Shuffle cuma tidak jelas spesifikasinya.

iPod Touch Terbaru Generasi 5

Perubahan atau peningkatan penting terjadi pada iPod Touch baru ini dimana layar sentuhnya meningkat menjadi 4 inci sama seperti iPhone 5. Apalagi teknologi yang diterapkan pada layar iPod Touch 5 ini menggunakan Retina display sama seperti iPhone 5 dan New iPad membuat touchscreen nya semakin jernih menonjolkan grafis dilayar.

iPod Touch Generasi 5

image credit: Apple.com

Selain itu desain iPod Touch 5 yang berwarna-warni dibuat dari bahan anodized aluminum yang sama digunakan pada Macbook sehingga terlihat elegan dengan ketipisan 6,1 mm, berat 88 gram dan rasio layar yang sama seperti iPhone 5 sebesar 16:9.

iPod Touch 5 terbaru juga dibenamkan dengan iSight camera 5 MP yang mampu merekam video dengan kualitas 1080p HD ditambah dengan berbagai fitur Advanced optics, tap to focus, LED flash, face detection dan fitur panorama. Kamera depan juga bisa digunakan untuk Facetime (video call).

Untuk mendukung berbagai fitur canggih yang ada, iPod Touch Generasi 5 dilengkapi dengan chip prosesor dual core A5 yang digunakan pada iPhone 4S. Chip A5 menyediakan hingga dua kali kekuatan pemrosesan dan sampai tujuh kali lebih cepat untuk grafis dibandingkan iPod generasi generasi 4. Peningkatan ini membuat permainan game anda menjadi lebih powerfull apalgi dengan adanya peningkatan masa pakai baterai hingga 40 jam untuk musik atau 8 jam untuk video.

Fitur lain juga disertakan pada iPod Touch 5 yang juga menggunakan sistem operasi iOS 6 terbaru seperti Musik dan iTunes, iCloud, Siri, Bluetooth v 4.0, jaringan wireless 802.11.a/b/g/n, teknologi AirPlay dan dock konektor kecil berukuran 8 pin sama seperti iPhone 5 serta aksesoris earphone model baru warna putih, EarPod. Harga iPod Touch Generasi 5 Terbaru berkisar US 299 untuk 16GB dan US 399 untuk 64GB.

iPod Nano Terbaru Generasi 7

iPod Nano 7 juga mengalami perubahan dibandingkan iPod Nano 6 dimana iPod Nano 7 terbaru lebih tipis 40% dan menjadikan iPod Nano tertipis yang pernah dibuat dengan ketebalan hanya 5,4 mm. Kalau dilihat sepintas jadinya seperti iPhone 5 ukuran mini atau apa seperti Nokia lumia ya ….

ipod nano generasi 7

Perbedaan iPod Nano 7 terbaru dengan iPod Nano generasi 6 terlihat juga dari layar sentuh multitouch 2.5 inci yang hampir dua kali lebih besar dari iPod nano sebelumnya. Layar yang lebih besar ini membuat pengguna bisa melihat lebih banyak musik, foto, dan video. Pada bodi juga ada tombol yang memungkinkan pengguna dengan cepat memutar, jeda, mengganti lagu, atau menyesuaikan volume.

iPod Nano 7 dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti Bluetooth 4.0, radio, EarPod, lightning connector ukuran 8 pin, iTunes, Poscasts, fitur fitness dan pedometer. Sayangnya iPod Nano 7 yang mampu memutar musik hingga 30 jam ini tidak ada browser web maupun Wi Fi. Harga iPod Nano Generasi 7 terbaru sekitar US149 dollar untuk memori internal 16GB.