Android 4.1 “Jelly Bean” terbaru dari Google menjadi os lanjutan dari Android 4.0 “Ice Cream Sandwich” (ICS). Kapan Google akan merilis android Jelly Bean ? belum ada ada informasi yang jelas tentang hal ini. Seelumnya Google sudah merilis berbagai versi os android sesuai abjad mulai dari C (Cupcake), D (Donut), E (Eclair), G (Gingerbread), H (HoneyComb), dan I (Ice Cream Sandwich) yang sedang beredar saat ini.

Disetiap versi terbaru os android pasti ada beberapa penambahan atau keunggulan dari versi android sebelumnya. Di versi android 5.0 Jelly Bean nanti ada beberapa fitur menarik yang ditambahkan dan menurut rumor yang beredar android Jelly Bean dipersiapkan untuk melawan os windows 8 dari microsoft yang sepertinya akan dirilis Oktober 2012.

Jika windows 8 dirancang untuk berjalan pada pc dan tablet maka Android Jelly Bean juga dipersiapkan untuk berjalan pada notebook, pc dengan fungsi dual boot.

android jelly bean

Apa yang menjadi kelebihan Android 5.0 Jelly Bean dibanding pendahulunya? Berikut beberapa rumor fitur unggulan dari Jelly Bean :

  • Dual boot

    Dengan fitur ini memungkinkan anda bisa menggunakan 2 sistem operasi dalam satu perangkat komputer.

  • Built in File Manager

    File manager berfungsi untuk mengatur data aplikasi pada sistem. Fitur ini akan langsung tersedia pada sistem android 5.0 tanpa anda harus install dari Google Play.

  • Integrasi dengan browser Google Chrome

    Fitur di android 5.0 ini akan tampil layaknya di komputer atau pc yang sudah disesuaikan dengan smartphone atau tablet pc. Jadi diharapkan akan memberikan pengalaman browsing sama seperti di personal computer.

  • Proteksi dari serangan Malware

    Android memang banyak serangan virus malware karena sifatnya yang open source maka di Android 5.0 “Jelly Bean” Google akan menambahkan fitur proteksi dari serangan malware.

  • Baterai semakin hemat

    Boros baterai akan coba diatasi pada os android 5.0 Jelly bean dengan menambahkan fitur penghemat baterai yang langsung tertanam pada sistem operasi Jellt Bean. Biasanya pengguna kebanyakkan akan mendownload aplikasi penghemat baterai dari pihak ke tiga penyedia aplikasi.

  • Google Assistant

    Menurut rumor, fitur ini akan ditambahkan pada android 5.0 “Jelly Bean” yang akan menjadi saingan dari SIRI andalan iPhone.

  • OS menjadi lebih cepat

    Kalau benar maka fitur ini akan memberikan peningkatan kecepatan untuk akses berbagai aplikasi pada Jelly Bean. Dan yang menarik menurut rumor Jelly Bean didesain untuk bisa digunakan pada gadget dengan spesifikasi tinggi atau rendah.

  • Keyboard Virtual

    Fitur ini akan memperbaiki keyboard virtual yang sudah ada menjadi lebih baik. Kalau rumor ini benar maka cara kerja keyboard Virtual pada Android 5.0 “Jelly Bean” mirip sandi morse dimana akan memudahkan proses penulisan dengan cara penggantian karakter dan hurud (QWERTY) ke angka dan simbol dengan cara menekan tombol sedikit lebih lama sampai muncul perubahan keyboard virtual tersebut.